fbpx

Memilih Hosting untuk Website Pertama Kamu

Membuat website yang lebih profesional mungkin adalah salah satu impian kamu dalam ngeblog. Hal yang harus benar-benar kamu perhatikan untuk membangun website profesional adalah pemilihan jasa hosting.

Sebelum itu kamu harus tahu hosting itu apa sih? Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database. Udah Bingung? hehe. Simpelnya Hosting itu adalah tanah dimana rumah kita akan dibangun, website itu adalah bangunan rumahnya, dan domain adalah alamat rumat kita.

Jasa hosting yang kamu pilih akan mempengaruhi performa website kamu kedepan. Saya mau berbagi pengalaman saya mencoba berbagai macam jasa penyedia hosting mulai dari yang paling murah dan harganya lumayan mahal. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum menentukan jasa hosting mana yang akan kita gunakan terutama untuk website pertamamu.

Perhatikan 5 Hal Dasar

Kurang lebih ada lima hal yang harus kamu perhatikan dalam menentukan hosting. Kapasitas Hardisk adalah hal yang pertama harus kamu pilih, menurut pengalman saya untuk website pertama kapasitas hardisk cukup 300mb – 500mb. Karena website kita masih baru dan masih kosong jadi belum membutuhkan kapasitas yang besar. Menginstal WordPress hosted sendiri ke website kita mungkin hanya terkapai 100-150mb, jadi masih sisa banyak banget.

 

CPU Core & Ram hosting yang kita tentukan setelahnya. Cpu core & ram ini fungsi mirip-mirip sama di komputer kita, semakin tinggi speknya akan semakin kuat web hosting kita menampung pengujung sebanyak mungkin secara berbarengan. Semakin besar RAM yang dimiliki maka Hosting kita akan semakin cepat dalam memproses website.

Misalkan website kamu di akses 100 orang diwaktu yang bersamaan, jika CPU  & RAM nya kecil bisa-bisa website kamu akan down atau tidak bisa diakses. Semakin banyaknya pembaca website kamu, kamu harus meningkatkan Spek CPU core & RAM web hosting.

Bandwith adalah batasan berapa jumlah orang yang bisa akses website kamu setiap bulanya. Karena itu usahakan pilih hosting yang menawarkan Bandwith Unlimited atau tak terbatas. Saya pernah embangun website yang mendadak viral, dan sayangnya saya menggunakan hosting murah yang bandiwthnya terbatas, akhirnya bulan itu website saya gak bisa di akses karena kehabisa bandwith. Sayang banget kan, padahal konten yang saya buat masih viral. Karenanya pastikan hosting yang kamu pilih memiliki fasilitas bandwith unlimited.

Kontrak & Harga biasanya sering menipu. Hosting cuma Rp5.000/Bulan tapi kamu harus kontrak minimal 3 tahun. kalau cuma kontrak 1 tahun harganya jadi Rp20.000/Bulan.hehe yaitulah dunia marketing. Cari harga yang paling murah tapi memiliki spek bandwith unlimited hardisk minimal 300mb, dan lebih oke lagi kalau kontraknya bisa 1 bulan atau 3 bulan.

Jadi kalau kamu kecewa sama pihak hostingnya kamu gak perlu nunggu satu tahun untuk pindah ke jasa yang lain. Nanti kalau ternyata pelayananya oke dan performa hostingnya bagus baru kamu perpanjang kontraknya menjadi satu tahun.

Pelayanan Chat & Ticket. Fasilitas ini mungkin memang gak berhubungan langsung sama kualitas hosting kamu, tapi akan sangat membantu bagi kita yang baru memulai menggunakan hosting. Hal-hal yang gak kamu mengerti dapat kamu tanyakan melalui fasilitas chat & ticket untuk berhubungan langsung dengan tim penyedia hosting.

 

Memilih hosting harus benar-benar teliti apa lagi ini adalah hosting pertama kamu. Jangan sampai kita beli hosting mahal-mahal padahal kita tidak membutuhkanya, atau kamu beli hosting murah tapi pelayanan dan performanya betul-betul murahan. Semoga artikel kali bermanfaat dan kamu dapat menemukan hosting yang benar-benar terbaik untuk website kamu.

 

tulisan ini telah diterbitkan penaaksi.com pada tahun 2018

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This