fbpx

ZMOT: Momen Berharga di Digital Era

Zero Moment of Truth (ZMOT) adalah hal baru yang berkembang seiring kemajuan teknologi internet. Apa sih yang dimaksud dengan ZMOT?

Jika kamu ingin membeli smartphone baik offline ataupun online kerap kali kita terlebih dahulu mencari review / ulasanya. Biasanya kita mencari di website-website tertentu atau gampangnya via search engine google. betul gak?

Setelah membaca berbagai ulasan dan membandingkan berbagai produk barulah kita akan memutuskan atau membuat list produk yang ingin kita beli.

Apa yang barusan kita lakukan, Google menyebutnya sebagai Zero Moment of Truth (ZMOT, baca: zimot). Teknologi saat ini membuat Orang semakin mudah mencari dan menulis suatu review/ulasan produk.

ZMOT terjadi saat kita membanding-bandingkan fitur dan spesifikasi gadget di Internet, mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan budget.

Istilah Moment of Truth (MOT) sudah lama digunakan marketing konvensional untuk menjelaskan momen penting terjadinya interaksi antara konsumen dengan suatu brand.

Sebelumnya orang hanya mengenal First MOT (FMOT) dan Second MOT (SMOT).

  • FMOT terjadi saat konsumen berhadapan dengan brand tersebut, misalnya di rak supermarket. Banyak yang melakukan branding di tahap ini, ada kulkas Coca-Cola atau rak kosemtik seperti Wardah, dll.
  • SMOT adalah saat konsumen sudah mencoba produk/layanan tersebut.

Dahulu Konsumen yang puas/kecewa memberikan kabar melalui mulut ke mulut. Sampai sekarang masih berlangsung sih. 🙂 Tetapi di Era ZMOT konsumen dimudahkan meninggalkan review suatu produk melalui blog, media sosial, dan website review lainya.

Review tersebut akan menjadi ZMOT untuk orang lain. Dan cycle-nya akan terus berulang. seperti gambar dibawah.

ZMOT dan Mesin Pencari

Data hasil penelitian The ROBO (Research Online Buy Offline) Economy menyatakan bahwa 82% pengguna telepon pintar mencari referensi melalui mesin pencari, seperti Google, sebelum membeli barang, 45% diantaranya membaca review. (Forbes)

Para digital marketer dan pelaku bisnis online percaya bahwa memenangkan permainan ZMOT adalah kunci keberhasilan marketing di era digital. Peran mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Bing, memiliki peran penting dalam memenangkan permainan ZMOT.

Menurut data Global Web Index yang dirilis oleh Hootsuite Search engine masih mendominasi proses user mencari tahun tentang suatu brand.

Data ThinkwithGoogle mengungkapkan 42% orang melakukan pencarian online ketika mengunjungi toko dan 64% diantaranya menggunakan bantuan mesin pencari, 46% lainnya mengunjungi langsung website atau aplikasi toko.

Penting bangetkan untuk mengoptimasi hasil pencarian brand kamu di search engine.

Memenangkan ZMOT

Era digital telah meliberalisasi informasi yang berdampak semakin kritisnya para konsumen. Mereka lebih percaya pada rekomendasi publik daripada informasi si penjual.

Bagaimana cara memenangkan ZMOT? Kita harus membangun reputasi online yang baik secara terus menerus. Aktiflah meminta review dari konsumen akan produk/layanan anda. Jika ada komplain atau review yang buruk, segera selesaikan dengan layanan terbaik.

Banyak ZMOT terjadi di mode mobile. Sekarang +70% orang mengakses internet melalui smartphone mereka. Pastikan setiap zero moment yang kamu ciptakan dapat dikonsumsi dengan baik melalui smartphone.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This